Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Dan Kemampuan Remaja Putri Dalam Melakukan SADARI Di SMP Taruna Mandiri Tangerang Selatan 2023
DOI:
https://doi.org/10.61132/vitamin.v2i2.311Keywords:
Adolescent, Audiovisual, Demonstrtion, Health Education, SADARIAbstract
Breast cancer is a deadly disease and the most common disease in women is breast cancer. Early detection efforts can be carried out through breast self-examination or SADARI, which is a method for early detection in finding breast cancer as early as possible and still at an early stage. The aim of this research is to determine the effectiveness of health education with audiovisual media and demonstration methods on the knowledge and abilities of young women in carrying out SADARI. The type of research used is experimental research with the research design used being pre-experimental with a two group pre-post test design approach. The sampling technique used proportional stratified random sampling and purposive sampling so that a sample of 40 female students was obtained, divided by 20 (Audiovisual), 20 (Demonstration). The data analysis test used the paired t-test statistical test. The research results showed that there were significant changes in scores before and after health education was carried out using audiovisual media and demonstration methods. so that there is an influence of providing health education using audiovisual media on the knowledge and ability of young women to do SADARI (p value 0.000). There is an influence of providing health education using the demonstration method on the knowledge and ability of young women to do SADARI (p value 0.000). The results of the paired t test showed that health education using audiovisual media and demonstration methods was effective on the knowledge and ability to perform SADARI among young women at SMP Taruna Mandiri South Tangerang (p value = 0.000). Based on the research results, it is hoped that teenagers will increase their information and be able to carry out the SADARI application.
Downloads
References
Azizah, N. (2022). Metode Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Remaja Putri Dalam Melakukan Praktik Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari): Literature Review.
Azmi, F., Setyawati, E., & Ratnawati, R. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual Terhadap Kemampuan Sadari Pada Kader Posyandu. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 119-128.
Delvia, S., & Azhari, M. H. (2021). Analisis Perilaku Remaja Putri Terhadap Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Berdasarkan Pengetahuan Dan Sikap. Jurnal'aisyiyah Medika, 6(1).
Deviani, L., Asyary, A., & Edison, R. E. (2020). Komparasi Efektivitas Media Audiovisual dan Media Audio terhadap Pengetahuan dan Motivasi Remaja Putri untuk Melaksanakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(3), 84-90.
GLOBOCAN, 2020. Global Cancer Observatory
Hafnisa Nurafi Hidayanti, H. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatang dengan Booklet dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Melakukan SADARI Remaja Putri di SMAN Kebakkramat (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Herniyatun, H., Novitasari, A. A., & Novyriana, E. (2021). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Sadari Melalui Zoom Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(3), 260-268.
Janah, N. M., & Timiyatun, E. (2020). Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet dan Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 2(2), 80-90
Kartika, M. (2020). Kemampuan Menulis Laporan Praktik Kerja Industri (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pringsewu).
Kemenkes RI (2019) Deteksi Dini Kanker Payudara dapat dilakukan dengan SADARI dan SADANIS
Krisdianto, B., Natasyah, N., & Malini, H. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Remaja Putri Melakukan Praktik Sadari di Daerah Pedesaan. Jurnal Ners, 7(2), 849-857.
Lestari, P. I., & Mansyur, H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Tentang SADARI Terhadap Kemampuan Melakukan SADARI Pada Remaja Putri SMA Diponegoro Dampit. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 1-10.
Mahmudah, N. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Tentang Choking Management Anak Usia Toddler Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Marlina, F., & Sudiyat, R. (2021). Audio Visual Sebagai Media Pencegahan Hipertensi Pada Siswa Kelas X. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(1), 214-222.
Masturo, U., Kholisotin, K., & Agustin, Y. D. (2020). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan tentang SADARI dengan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Demonstrasi terhadap Perilaku WUS dalam Melakukan SADARI. Citra Delima Scientific journal of Citra Internasional Institute, 3(2), 141-154.
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Repbulik Indonesia.
Mulyani, M. R., & Lestari, P. (2022). Perbedaan Pengetahuan Remaja Putri Sebelum dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Melalui Media Video Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara di Desa Ngampel Kulon Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal: Journal of Holistics and Health Sciences (JHHS), 4(1), 1-8.
Naimah, N., & Mukhoirotin, M. (2021). Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Kemampuan Praktik Remaja Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri. Jurnal Insan Cendekia, 8(2), 80-89.
Noviani, A., & Anggraini, Y. (2023). Peningkatan Edukasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Remaja Putri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 5(2), 6-12.
NURHAYANI, N., Yulyana, N., Rahayu, E. S., Widiyanti, D., & Burhan, R. (2022). Pengaruh Pemeriksaan Payudara Sendiri Terhadap Keterampilan Sadari pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Aman Kabupaten Lebong (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).
Nurhayati, P., Hartiningsih, S. N., & Isnaeni, Y. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video, Demonstrasi, Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Sadari Pada Remaja Puteri. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 12(1), 106-111.
PATIMBANG, A. R., Destariani, E., Baska, D. Y., Efriani, R., & Yanniarti, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Di Smp Negeri 02 Kota Bengkulu Tahun 2022 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).
Purwati, E. (2023). Perbedaan Hasil Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Audiovisual dan Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari di SMPN 3 Pagedongan Banjarnegara. Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 4, 1-9.
Puspitasari, M., Nainar, A. A. A., & Hikmah, H. (2023). Efektifitas pendidikan kesehatan tentang sadari melalui video dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMP Nusantara 1 Tangerang. IMJ (Indonesian Midwifery Journal), 6(2), 43-49.
Rahayu, K. D., Kartika, I., & Mahmudah, D. (2020). Pengaruh paket edukasi dasaraudiovisual sadari terhadap pengetahuan tentang sadari pada remaja puteri. Media Karya Kesehatan, 3(1).
Sadiyah, h. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual terhadap kemampuan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) pada remaja putri di smp kartini taman sidoarjo (Doctoral dissertation, UNKNOWN).
Saputra, A. U., Mulyadi, B., & Banowo, B. S. (2021). Systematic review: efektivitas beberapa metode pendidikan kesehatan program pencegahan kanker payudara terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan remaja tentang sadari. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(2), 365-380.
Saraswati, D. A. (2020). Pengaruh Kemampuan, Pengetahuan dan Sikap Terhadap Motivasi Penerapan Produksi Ramah Lingkungan pada Usaha Mikro Kuliner di Kecamatan Banguntapan.
Siregar, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Remaja Putri Kelas X. Indonesian Journal for Health Sciences, 6(1), 35-42.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Thaha, R. Y., & Yani, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di SMPN 1 Buntao Kabupaten Toraja Utara Factors Affecting Adolescent Knowledge About Reproductive Health at SMPN 1 Buntao, North Toraja Regency. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 3, 52-74.
Ulya, R., Fikri, M., & Jessica, F. (2023). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan E-Book terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang SADARI Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 14(1), 287-295.
Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan dan sikap mahasiswa kesehatan tentang pencegahan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 258-264.
YKPI, 2021. Kenali & Hadapi Kanker Payudara | Yayasan Kanker Payudara Indonesia [WWW Document]. URL https://www.yayasankankerpayudaraindonesia.org/news-detail.php?id=7192 (accessed 2.18.22)
Yunita, N., & Yuliati, L. (2020). Edukasi Dan Pemeriksaan Sadari Pada Remaja Putri Di Upt Smp Negeri 20-Gresik. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 253-259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vitamin : Jurnal ilmu Kesehatan Umum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.