Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Prolanis di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar

Authors

  • Erni Wally Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku

DOI:

https://doi.org/10.61132/vitamin.v3i3.1453

Keywords:

Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, peserta prolanis

Abstract

Prolanis merupakan program pengelolaan penyakit kronis seperti hipertensi dan DM tipe 2 untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya kesehatan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta program prolanis di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kajian potong lintang (cross sectional study). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta Hipertensi dan Diabetes Mellitus yang mengikuti kegiatan Prolanis di wilayah kerja RSUD Haji Kota Makassar dengan sampel sebanyak 106 peserta. Teknik penentuan sampelnya adalah dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah chi square dan regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterjangkauan (p=0,000), keamanan (p=0,008), informasi (p=0,018), ketepatan waktu (p=0,002) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Sedangkan kenyamanan (p=0,089) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil uji regresi logistik berganda secara bersamaan diperoleh bahwa keterjangkauan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien peserta prolanis di RSUD haji Kota Makassar. Kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar agar membenahi dan mengevaluasi hal apa saja yang menjadi keluhan pasien terutama dalam kenyaman pasien yang menggunakan fasilitas kesehatan di RSUD Haji Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astrini, R. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan (SERVQUAL) rawat inap terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Puri Cinere. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 1(1).

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). (2014). Buku pegangan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam sistem jaminan sosial nasional. BPJS.

Badan Pusat Statistik. (2018). Survei demografi dan kesehatan Indonesia. BPS.

Badri, M. A., Attia, S., & Ustadi, A. M. (2009). Healthcare quality and moderators of patient satisfaction: Testing for causality. International Journal of Health Care Quality Assurance, 22(4), 382–410.

Departemen Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Departemen Kesehatan RI.

Donabedian, A. (2018). The definition of quality and approaches to its assessment: Exploration quality assessment and monitoring (Vol. 1). Health Administration Press.

Durtson, W., et al. (2018). Patient satisfaction and diagnostic accuracy with ultrasound by emergency physicians. The American Journal of Emergency Medicine, 17(7), 642–646.

Fatima Al Sayah, Majumdar, S. R., Williams, B., Robertson, S., & Johnson, J. A. (2014). Health literacy and health outcomes in diabetes: A systematic review. Journal of General Internal Medicine, 28(3), 444–452.

Firdaus, F. F. (2015). Evaluasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul [Tesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta].

Grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer. (2014). Panduan praktis Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). BPJS Kesehatan.

Guariguata, L., Whiting, D. R., Hambleton, I., Beagley, J., Linnenkamp, U., & Shaw, J. E. (2019). Global estimates of diabetes prevalence for 2019 and projections for 2035. Diabetes Research and Clinical Practice, 103(2), 137–149.

Hamid, R. (2015). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Indonesia, 1(3), 41–46.

Handayani, S. (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Baturetno. PROFESI, 14(1), 42–48.

Hardianti, U., Amir, M. Y., & Balqis. (2013). Faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan antenatal di Puskesmas Pattingalloang Kota Makassar. Jurnal AKK, 2(2), 35–41.

Istiqna, N. (2015). Harapan dan kenyataan pasien JKN terhadap pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Unhas. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 11(4).

Karyanto, J. A. (2015). Analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS non-PBI di Puskesmas Kabupaten Donggala [Tesis, Universitas Hasanuddin].

Khamis, K., & Njau, B. (2014). Patients’ level of satisfaction on quality of health care at Mwananyamala Hospital in Dar es Salaam, Tanzania. BMC Health Services Research, 14(400), 1–8.

Kullberg, A., Sharp, L., Johansson, H., & Bergenmar, M. (2014). Information exchange in oncological inpatient care: Patient satisfaction, participation, and safety. European Journal of Oncology Nursing, 10(1), 1–6.

Lukasyanti, D. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa pada Rumah Sakit Umum Daerah Kraton Kabupaten Pekalongan [Skripsi, Universitas Negeri Semarang].

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa: Teori dan praktek. Salemba Empat.

Magfirah, N., & Arifuddin, A. (2014). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Promotif, 4(1), 50–60.

Maharani, S. (2018). Hubungan antara tingkat literasi kesehatan dengan aktivitas diri perlindungan pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Kabupaten Sleman [Skripsi, Universitas Gadjah Mada].

Mukti, W. Y., Hamzah, A., & Nyorong, M. (2013). Pengaruh mutu layanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. Jurnal AKK, 2(3), 35–41.

Mulyadi, D. F., & Fitriyani, M. C. K. N. (2013). Analisis manajemen mutu pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Islam Karawang. Jurnal Manajemen, 10(3), 31–33.

Naidu, A. (2019). Factors affecting patient satisfaction and healthcare quality. Management Science Letters, 20(1), 186–190.

Pohan, I. S. (2006). Jaminan mutu layanan kesehatan: Dasar-dasar pengertian dan penerapan. EGC.

Putri, D. S., Saprudin, A., Kumalasari, I., & Rahim, F. K. (2015). Patient satisfaction: The health care quality of Social Security Management Agency for the Health Sector (BPJS Kesehatan) under National Health Insurance Program (JKN), Indonesia. In 4th Asian Academic Society International Conference (AASIC) (pp. 194–202).

Rattu, P., Warouw, H., & Hamel, R. S. (2015). Perbedaan kualitas pelayanan keperawatan terhadap pasien penerima bantuan iuran dan pasien bukan penerima bantuan iuran (Penelitian pada Irina C RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado). Ejournal Keperawatan (e-Kp), 3(1), 1–7.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Erni Wally. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Prolanis di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar. Vitamin : Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, 3(3), 222–239. https://doi.org/10.61132/vitamin.v3i3.1453

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.