Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SMK Kesehatan Prima Nusantara
DOI:
https://doi.org/10.61132/protein.v3i3.1526Keywords:
Emotional intelligence, academic achievement, studentAbstract
Academic achievement is the result of the learning process which can be measured using achievement tests such as exams and one of the factors so that students can achieve better learning achievement can be influenced by emotional intelligence. The aim of this research is to determine the effect of emotional intelligence on the academic achievement of Prima Nusantara Health Vocational School students. The sample of this research consisted of 93 students. Sampling was carried out by purposive sampling. The method used is quantitative, correlational research with linear regression. The emotional intelligence scale uses Goleman's theory modified by Aziz with a total of 25 items ranked from 1 to 4. Based on the results of a simple linear regression test, a sig value of 0.03 < 0.05 is obtained. so that the emotional intelligence variable influences the academic achievement variable.
Downloads
References
Agustiandra, V., & Sabandi, A. (2019). Persepsi guru terhadap penerapan sistem informasi manajemen akademik di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri 3 padang. Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan, 8(1), 1-8. ISSN: Print 2614-6576
Ahmad, S., Bangash, H., & Khan, S. A. (2009). Emotional intelligence and gender differences. Sarhad J. Agric, 25(1), 127-130.
Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 15 palembang. Jurnal profit: kajian pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi, 4(1), 1-11.
Andiri, L., & Sultoni, K. (2017) Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi akademik mahasiswa olahraga. JIKTOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 137-141. ISSN: 2549-6360
Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47-54. ISSN: 2715 - 5110
Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 54-61. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2162
AZIZ, A. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Di Universitas X. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Bergin, C. C., & Bergin, D. A. (2017). Child and adolescent development in your classroom, topic approach, loose-leaf version. Wadsworth Publishing Company
Budiana, S., Karmila, N., & Devi, R. (2020). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 70-73. ISSN: 2460-2175
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman gen z terhadap sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116-126. ISSN:2338-1183
Febiyanti, A., & Wijaya, E. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional, perilaku delinkuensi, dan prestasi belajar pada remaja madya di SLTA jakarta (Studi pada Siswa/i di SMA X, SMK Y, dan SMK Z). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 152-158. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.932
Fida, A., Ghaffar, A., Zaman. A., Satti, A. N. (2018). Gender comparisson of emotion intelligence of university students. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.2046
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101. ISSN 2477-3840
Goleman, D. (1998). What Makes a Leader?. harvard business review.
Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence (10th ed.). Bantam Dell.
George R. Knight. (1982) Issues and Alter- natives in educational Philosophy. Michigan: Andrews University Press. ISBN: 9781883925611
Hidayah, B., Ariyanto, A. A., Hariyadi, S. (2020). Apakah emotional intelligence dipengaruhi gender?: Analisis perbedaan kecerdasan emosi kaitannya dengan manajemen konflik suami-istri dalam masa kritis perkawinan. Jurnal Psikologi Udayana 7(2). 43-51. ISSN: 2354 5607
Helaluddin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi tripusat pendidikan terhadap Kemajuan masyarakat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203- 224. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160. ISSN: 2614-6754
Kurnia, H., Wahono, J. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa SMA negeri 5 yogyakarta. AoEJ: Academy of Education Journal 12(1). 82-97. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.431
Maizatul Akmal Mohd Mohzan, N. H. (2013). The influence of emotional intelligence on academic. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 303 – 312.
Masykur, R. (2019). Teori dan telaah pengembangan kurikulum. CV. Anugrah Utama Raharja.
Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 56-64. ISSN: 2615-1723
Nabiila, A., Suharsono, S., & Mustofa, R. F. (2020). Korelasi antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(1), 11-17. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2816
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 46(6), 7911-7915.
Rawung, D. T. (2020). Bahan ajar diklat statistik ahli BPS angkatan XXI tahun 2020: Mata diklat: Metode penarikan sampel. Pusdiklat BPS RI.
Rosida, V. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat, 4(2), 87-101. https://doi.org/10.35580/sainsmat4218362015
Safari, M. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Inshafaruddin berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA). 4(6). ISSN: 2448-9976
Saptono, A. (2016). Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains, 14(1), 105-112.
Sudarsana. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34
Sulastri, T., Yuline., Purwati. (2022) Studi tentang kecerdasan emosional rendah pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53646
Tanjung, Z., & Amelia. S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1-4. https://doi.org/10.29210/3003205000
Utami, N. E. S., & Yonanda, D.V. (2020). Hubungan gender terhadap prestasi belajar siswa.
Widodo, W. (2019). Mengkritisi Faktor- Faktor Kegagalan Akademik Siswa dalam Belajar. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 12(2), 110- 125. Volume 14 Nomor 1 Desember 2019. ISSN: 1979-5351
Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439- 448. ISSN: 2798-2920.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Protein : Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.