Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SMK Kesehatan Prima Nusantara

Authors

  • Zakia Miftahul Faradisi Universitas Negeri Padang, Bukittinggi
  • Diva Ingriani Universitas Negeri Padang, Bukittinggi
  • Lidya Yuliani Universitas Negeri Padang, Bukittinggi
  • Lisa Arista Universitas Negeri Padang, Bukittinggi
  • Nurhasni Nurhasni Universitas Negeri Padang, Bukittinggi
  • Tiara Tri Ariani Universitas Negeri Padang, Bukittinggi
  • Zidan Maliki Akbar Universitas Negeri Padang, Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61132/protein.v3i3.1526

Keywords:

Emotional intelligence, academic achievement, student

Abstract

Academic achievement is the result of the learning process which can be measured using achievement tests such as exams and one of the factors so that students can achieve better learning achievement can be influenced by emotional intelligence. The aim of this research is to determine the effect of emotional intelligence on the academic achievement of Prima Nusantara Health Vocational School students. The sample of this research consisted of 93 students. Sampling was carried out by purposive sampling. The method used is quantitative, correlational research with linear regression. The emotional intelligence scale uses Goleman's theory modified by Aziz with a total of 25 items ranked from 1 to 4. Based on the results of a simple linear regression test, a sig value of 0.03 < 0.05 is obtained. so that the emotional intelligence variable influences the academic achievement variable.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiandra, V., & Sabandi, A. (2019). Persepsi guru terhadap penerapan sistem informasi manajemen akademik di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri 3 padang. Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan, 8(1), 1-8. ISSN: Print 2614-6576

Ahmad, S., Bangash, H., & Khan, S. A. (2009). Emotional intelligence and gender differences. Sarhad J. Agric, 25(1), 127-130.

Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 15 palembang. Jurnal profit: kajian pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi, 4(1), 1-11.

Andiri, L., & Sultoni, K. (2017) Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi akademik mahasiswa olahraga. JIKTOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 137-141. ISSN: 2549-6360

Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47-54. ISSN: 2715 - 5110

Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 54-61. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2162

AZIZ, A. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Di Universitas X. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Bergin, C. C., & Bergin, D. A. (2017). Child and adolescent development in your classroom, topic approach, loose-leaf version. Wadsworth Publishing Company

Budiana, S., Karmila, N., & Devi, R. (2020). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 70-73. ISSN: 2460-2175

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman gen z terhadap sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116-126. ISSN:2338-1183

Febiyanti, A., & Wijaya, E. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional, perilaku delinkuensi, dan prestasi belajar pada remaja madya di SLTA jakarta (Studi pada Siswa/i di SMA X, SMK Y, dan SMK Z). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 152-158. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.932

Fida, A., Ghaffar, A., Zaman. A., Satti, A. N. (2018). Gender comparisson of emotion intelligence of university students. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.2046

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101. ISSN 2477-3840

Goleman, D. (1998). What Makes a Leader?. harvard business review.

Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence (10th ed.). Bantam Dell.

George R. Knight. (1982) Issues and Alter- natives in educational Philosophy. Michigan: Andrews University Press. ISBN: 9781883925611

Hidayah, B., Ariyanto, A. A., Hariyadi, S. (2020). Apakah emotional intelligence dipengaruhi gender?: Analisis perbedaan kecerdasan emosi kaitannya dengan manajemen konflik suami-istri dalam masa kritis perkawinan. Jurnal Psikologi Udayana 7(2). 43-51. ISSN: 2354 5607

Helaluddin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi tripusat pendidikan terhadap Kemajuan masyarakat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203- 224. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160. ISSN: 2614-6754

Kurnia, H., Wahono, J. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa SMA negeri 5 yogyakarta. AoEJ: Academy of Education Journal 12(1). 82-97. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.431

Maizatul Akmal Mohd Mohzan, N. H. (2013). The influence of emotional intelligence on academic. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 303 – 312.

Masykur, R. (2019). Teori dan telaah pengembangan kurikulum. CV. Anugrah Utama Raharja.

Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 56-64. ISSN: 2615-1723

Nabiila, A., Suharsono, S., & Mustofa, R. F. (2020). Korelasi antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(1), 11-17. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2816

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 46(6), 7911-7915.

Rawung, D. T. (2020). Bahan ajar diklat statistik ahli BPS angkatan XXI tahun 2020: Mata diklat: Metode penarikan sampel. Pusdiklat BPS RI.

Rosida, V. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat, 4(2), 87-101. https://doi.org/10.35580/sainsmat4218362015

Safari, M. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Inshafaruddin berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA). 4(6). ISSN: 2448-9976

Saptono, A. (2016). Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains, 14(1), 105-112.

Sudarsana. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34

Sulastri, T., Yuline., Purwati. (2022) Studi tentang kecerdasan emosional rendah pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53646

Tanjung, Z., & Amelia. S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1-4. https://doi.org/10.29210/3003205000

Utami, N. E. S., & Yonanda, D.V. (2020). Hubungan gender terhadap prestasi belajar siswa.

Widodo, W. (2019). Mengkritisi Faktor- Faktor Kegagalan Akademik Siswa dalam Belajar. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 12(2), 110- 125. Volume 14 Nomor 1 Desember 2019. ISSN: 1979-5351

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439- 448. ISSN: 2798-2920.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Zakia Miftahul Faradisi, Diva Ingriani, Lidya Yuliani, Lisa Arista, Nurhasni Nurhasni, Tiara Tri Ariani, & Zidan Maliki Akbar. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SMK Kesehatan Prima Nusantara. Protein : Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan. , 3(3), 145–156. https://doi.org/10.61132/protein.v3i3.1526