Dukungan Keluarga Sebagai Faktor Penentu Prestasi Akademik Anak Disabilitas Netra
DOI:
https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.415Keywords:
Family Support, Academic Achievement, Visual DisabilityAbstract
The aim of this research is to assess the importance of family support in encouraging academic success in children with visual disabilities. The main study in this research focuses on the role of the family in encouraging the academic achievement of children with visual disabilities and the approaches taken. Data collection in this research was through in-depth interviews. The results of this study highlight the important role of family support, particularly parental involvement, in promoting good outcomes for students with visual disabilities. Apart from support from family, educators and peers also play an important role in strengthening self-confidence, academic performance and improving skills in children with visual disabilities. Increased parental support is associated with increased motivation and empowerment to realize the potential of children with visual disabilities.
Downloads
References
Ahmad, J., Cirendeu, D., & Selatan, T. (2024). Dukungan sosial orangtua terhadap anak disabilitas netra dalam pencapaian prestasi akademik Adelia Octaviani Universitas Muhammadiyah Jakarta SLB-A Pembina tingkat nasional adalah lembaga pendidikan formal khusus melayani peserta didik disabilitas netra, dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik bagi dengan tugas lain yaitu sebagai pusat sumber. Terlihat jelas bahwa anak disabilitas netra, 3, 128–133.
Agustiani, S., & Saloom, G. (2021). Pengaruh dukungan sosial dan perbandingan sosial terhadap kesejahteraan subjektif ibu muda pengguna media sosial.
Badiah, L. I. (2016). Keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan modul audio interaktif mengenal bagian akar dan fungsinya untuk siswa tunanetra kelas IV di SLB YPAB Surabaya. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 32(2). https://doi.org/10.36456/helper.vol32.no2.a463
Budhiana, J., Nugroho, T. M., & Utami, R. N. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak penyandang disabilitas di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kesehatan, 10(2), 44–52. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v11i1.421
Edy Susanto, M. (2019). Pola asuh orang tua terhadap anak tunagrahita di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan Dasar, 53(9), 1689–1699.
Fajar, M. (2020). Peran dukungan sosial dan harga diri terhadap kesejahteraan subjektif penyandang disabilitas fisik. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Gultom, S. T. N., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2018). Penerimaan diri difabel (different abilities people): Studi tentang remaja tunanetra perolehan. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 278–286.
Gunawan, A. R., Rusyidi, B., & Meilany, L. (2015). Dukungan sosial orangtua terhadap atlet paralimpik pelajar tunanetra berprestasi di Kota Bandung. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 407.
Handoyo, R. R. (2022). Analisis teori belajar dalam metode pembelajaran membaca Braille pada anak tunanetra. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1616
Heriyani, E., Widiastuti, H. T., & Altaf, S. M. (2022). Dukungan sosial dan efikasi diri. EPIK: Edukasi Penerapan Ilmu Konseling, 1(1), 1-7.
Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Journal Unair, 13(01), 12–20.
Hutasoit, N., & Berlianti, B. (2024). Dukungan keluarga pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) melalui program di SDLBN 033702. Jurnal Edukasi Nonformal, 5(1), 1-8.
Kelana, S. (2022). Dukungan sosial keluarga bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), 99-111.
Kelen, M. P., & Pasaribu, J. (2018). Dukungan keluarga dan masyarakat terhadap konsep diri siswa tunagrahita. Jurnal Perawat Indonesia, 2(2), 83. https://doi.org/10.32584/jpi.v2i2.49
Khairat, M., & Adiyanti, M. G. (2016). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai prediktor subjective well-being remaja awal. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(3), 180–191.
Khasanah, N. (2018). Peran dukungan sosial terhadap resiliensi pada. Forum Ilmiah, 15(02), 260–266.
Khotimah, R., & Sa'adah, N. (n.d.). Analisis peran dukungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 7(2), 55-64.
Mambela, S. (2018). Tinjauan umum masalah psikologis dan masalah sosial individu penyandang tunanetra. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(25), 65-73.
Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 17-26.
Mauliddya, S. A., & Rustam, A. (2019). Peran dukungan sosial orang tua terhadap prestasi akademis melalui mediasi motivasi belajar intrinsik. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 166-177.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational Researcher, 13(5), 20-30.
Mony, W., Kardo, R., & Adison, J. (2021). Hubungan dukungan sosial dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tuna netra di Panti Sosial Bina Netra "Tuah Sakato" Padang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 320–326. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1207
Muthmainnah, R. N. (2015). Pemahaman siswa tunanetra (buta total sejak lahir dan sejak waktu tertentu) terhadap bangun datar segitiga. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 15-27.
Mustaqim, M. (2016). Paradigma perilaku sosial dengan pendekatan behavioristik (telaah atas teori Burrhusm Frederic Skinner). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10(2), 503-513.
Nandang, M., Chrisnalia Silalahi, R. A., & Nurwati, N. (2019). Dukungan instrumental keluarga bagi anak dengan disabilitas tuna daksa. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 294. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i3.19786
Nasution, A. J. (n.d.). Pengaruh dukungan keluarga terhadap kualitas hidup anak tunanetra di SLB–A Pembina Tingkat Nasional Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Novita, D. A., & Novitasari, R. (2017). The relationship between social support and quality of life in adolescent with special needs. Psikodemensia, 16(1), 40–48.
Nurhayati, S., Harmiasih, S., Kaeksi, Y. T., & Yunitasari, S. E. (2023). Dukungan keluarga dalam merawat anak berkebutuhan khusus: Literature review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8606–8614. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3149
Rahmat, H. K. (2019). Implementasi strategi layanan bimbingan dan konseling komprehensif bagi siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 37–46. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-03
Rahimi, W., & Bahri, S. (2019). Dukungan orang tua terhadap pendidikan anak tunanetra di sekolah dasar luar biasa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 114–120.
Rahmawati, H. K. (2018). Kegiatan pengembangan diri dalam menggali potensi anak tunanetra di Panti Tunanetra Aisyiyah Ponorogo. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 98–116. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.4463
Ramli, Z. A., Peristianto, S. V., & Efendy, M.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.