Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Melalui Pendekatan Cognitive Behavior Therapy

Authors

  • Amelia Putri Universitas Sriwijaya
  • Salbiyah Salbiyah Universitas Sriwijaya
  • Mardhotillah Mardhotillah Universitas Sriwijaya
  • Raul Rian Shaputra Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/corona.v3i2.1322

Keywords:

cognitive behavioral therapy (CBT), group counseling, guidance counseling, Self-efficacy

Abstract

Self-efficacy is an individual's belief in their ability to face challenges and achieve goals. In guidance and counseling, self-efficacy is an important factor that affects individual development. One effective method to improve self-efficacy is group counseling with the Cognitive Behavioral Therapy (CBT) approach. This approach focuses on changing negative thought patterns, increasing self-confidence, and strengthening individual skills through social support in groups. This study uses the literature review method to analyze the effectiveness of CBT-based group counseling in improving self-efficacy. The results showed that CBT-based group counseling provides a supportive environment for individuals to share experiences, obtain social support, and learn from other group members. Through this process, individuals can increase their self-confidence, develop social skills, and form a more positive mindset. In addition, CBT also helps individuals manage their emotions, cope with stress, and increase their resilience in facing life's challenges.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daningrum, E. S., Maharani, A., Sudandang, A. F., & Makhmudah, U. (2022). The effectiveness of group counseling to improve student self-efficacy. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 481. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.59383

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2017). Layanan konseling kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84.

Firmansyah, Y., & Fitriani, W. (2023). Pengaruh layanan konseling kelompok berbasis regulasi diri dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Guntara, E., & Sulian, I. (2020). Pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract untuk mereduksi perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu, 3(2).

Heriani, A., Karneli, Y., & Netrawati. (2024). Konseling kelompok dengan pendekatan CBT untuk menyelesaikan masalah penyesuaian diri dan konsep diri yang baik pada siswa terisolir. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(3), 1065–1067.

Karismawati, B. A. (2023). Efektivitas konseling cognitive behavior therapy untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa korban bullying. 2(1), 46–57.

Marsela, I., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2020). Peningkatan efikasi diri melalui konseling kelompok teknik modeling pada siswa SMP.

Munir, A. (2018). Upaya peningkatan self-efficacy pada siswa melalui layanan konseling kelompok dengan model CBT. RISTEK: Jurnal Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 3(1), 29–36.

Muwakhidah, M., & Pravesti, C. A. (2017). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk mengurangi keraguan pengambilan keputusan karier siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 66–75.

Nitami, S. D., & Daulay, N. (2024). Penerapan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 9(1), 13.

Nurhidayah, B. S., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2022). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral therapy (CBT) dengan teknik modeling simbolis dan role playing untuk meningkatkan self-confidence pada siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 64–69.

Nurmalia, T., Chairunnisa, D., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2020). Self-efficacy dengan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) dalam konseling kelompok pada peserta didik SMA, 11(2).

Pratiwi, U., Karneli, Y., & Netrawati. (2024). Pemahaman mendasar tentang konseling kelompok bagi praktisi bimbingan dan konseling. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(2), 60–66.

Putri, R. M., & Ramadhani, D. S. (2022). Efektivitas layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) dalam meningkatkan self-esteem siswa.

Rahmasari, A., & Kusmawati, A. (2024). Pelaksanaan program layanan konseling dengan teknik cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja pasca pandemi Covid-19. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 3(1), 158–174.

Rahmawati, A. D., Wibowo, F. D., Habibullah, H., Nurrochmah, H., Baity, H. F. N., & Makhmudah, U. (2022). Efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan efikasi diri siswa SMA/SMK: Systematic literature review. Counsenesia: Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(2), 63–71.

Raranta, N. K., & Dewi, A. K. (2024). Upaya peningkatan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik cognitive restructuring terhadap self-efficacy diri siswa. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRBK), 9(2).

Safriliani, E., Zarkasih, E., & Maulana, Y. (n.d.). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa SMK.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 41–53.

Sopiyah, Nurikhsan, J., & Hafina, A. (2020). Efektivitas teknik konseling cognitive behavioral untuk meningkatkan self-efficacy siswa pada pelajaran matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 102–122.

Susanto, A. N., Saputra, A. D., Ardana, E. P. N., Puterisia, G. J. A., & Makhmudah, U. (2024). Efektivitas model konseling kelompok cognitive-behavior untuk permasalahan diri peserta didik: A systematic literature review (SLR). TSAQOFAH, 4(6), 4242–4251.

Wulandari, T., Syukur, Y., Netrawati, N., & Hariko, R. (2022). Efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. 7(2).

Zarisman, E., & Karneli, Y. (2023). Layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa SMA. 1(2).

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Amelia Putri, Salbiyah Salbiyah, Mardhotillah Mardhotillah, Raul Rian Shaputra, & Ratna Sari Dewi. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Melalui Pendekatan Cognitive Behavior Therapy. Corona: Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, Psikolog, Keperawatan Dan Kebidanan, 3(2), 331–351. https://doi.org/10.61132/corona.v3i2.1322