Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Kejang Demam Pada Balita
DOI:
https://doi.org/10.61132/vitamin.v3i3.1409Keywords:
Health Education, Knowledge, Febrile SeizuresAbstract
Emergencies can occur if febrile seizures are not treated promptly. Trained mothers will be able to provide first aid to children. The purpose of this study was to determine the effect of health education using video media on mothers knowledge in handling febrile seizures emergencies in toddlers. This research using pre experimental designs. The sample was 16 respondents using accidental sampling technique. Data collection by distributing questionnaires, then processed using the McNemar statistical test with a significance level of α = 0.05. Before being given health education using video media 56.3% of respondents had poor knowledge after being given health education 87.5% of respondents had good knowledge. The McNemar test results obtained a p-value of 0.016, meaning that there is an effect of health education using video media on mothers knowledge.
Downloads
References
Aprilia, K., & Kusnanto. (2022). Efektivitas pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu dalam penanganan kejang demam pada anak usia 1–5 tahun di Bidan Praktik Mandiri Yunita Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 58–64. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5162
Harun, R. (2021). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan orang tua dalam penanganan kegawatdaruratan kejang demam pada anak di Kelurahan Mahawu Kecamatan Tuminting Kota Manado. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(1), 155–158. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/10718/5085
Jumiyati, R., Riana, H., & Afni, N. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan ibu tentang kejang pada balita. Journal Biocity, 3(2), 34–44. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/biocity/article/download/4562/1851/
Nofia, V. R., Angraini, S. S., & Aktiva, D. (2021). Faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian demam kejang pada anak di ruangan rawat anak RSUD Sawahlunto. Seminar Nasional Syedza Saintika, 117–130. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/PSNSYS/article/download/915/650
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109.
Sitepu, D. E., Primadiamanti, A., & Safitri, E. I. (2024). Hubungan usia, pekerjaan, dan pendidikan pasien terhadap tingkat pengetahuan DAGUSIBU di Puskesmas wilayah Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 196–204. https://doi.org/10.5281/zenodo.10642605
Souhuwat, S., Handayani, & Hijrayati, Y. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan orang tua dengan upaya penanganan kejang demam pada anak di Desa Hutumuri [Skripsi, Universitas Binawan]. https://repository.binawan.ac.id/1542/1/Laporan%20Penelitian%202021-2022.pdf
Sulissia, Romadoni, S., & Romiko. (2023). Pengaruh video edukasi tentang penanganan awal kejang pada anak terhadap tingkat pengetahuan orang tua di TK Aisyiyah 11 Palembang. Jurnal Inspirasi Kesehatan, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.52523/jika.v1i1.9
Tiala, N. H., Latif, A. I., & Masahuddin, L. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan orang tua tentang kejang demam pada balita. Garuda Pelamonia: Jurnal Keperawatan, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.4425/garuda.v4i1.209
Umayah, N. (2023). Hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu dengan upaya penanganan kejang demam pada anak balita di Kelurahan Bangetayu Kulon Kota Semarang [Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung]. https://repository.unissula.ac.id/29996/
Widiyanto, Mariani, & Marfuah. (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang kejang demam terhadap peningkatan keterampilan ibu dalam memberikan pertolongan pertama pada anak kejang demam di Desa Blukon Kabupaten Lumajang. Jurnal JRIK, 3(3), 330–336. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i3.2824
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vitamin : Jurnal ilmu Kesehatan Umum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.