Kepuasan Pasien Terhadap Telemedicine Pada Pelayanan Klinik HIV Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara

Authors

  • Fathul Baari Universitas Esa Unggul
  • Puteri Fannya Universitas Esa Unggul
  • Lily Widjaya Universitas Esa Unggul
  • Daniel Happy Putra Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.61132/obat.v2i1.166

Keywords:

Satisfaction analysis, Telemedicine, EUCS

Abstract

Health services are one of the factors that influence the community's health, and the community's recovery, treatment, and nursing are primarily determined by the health institution. With a system that prioritizes user satisfaction and focuses on five variables content, accuracy, format, convenience of use, and timeliness the goal of this study is to ascertain the degree of satisfaction of Telemedicine users utilizing the EUCS model approach to end-user satisfaction. 56 respondents were given a questionnaire to complete in order to gather data for this study. The study's findings show how pleased telemedicine users are with the following variables: 62.1% are satisfied with the content variable, 57.9% are satisfied with the accuracy variable, 61.1% are satisfied with the format variable, 70.5% are satisfied with the ease of use measure, and 64.2% are dissatisfied with the timeliness variable. The Jatinegara District Health Center, particularly with regard to Telemedicine, can benefit from the study's results, which are linked to five current variables that still require improvement. The degree of user satisfaction will influence how well the system is implemented.

References

ALVIANI, WAHYU. 2018. “EVAL U ASI K E PU ASAN P E N GG UN A SISTEM INFORMASI AKADEM I K UIN S YA R IF H ID AYATULLAH JA K A R TA MENGGUNAKAN METODE END - USER COMPUTING SATISFACTION.” Bitkom Research 63(2):1–3.

AMELIA, DIANA. 2021. “LAPORAN PERKEMBANGAN HIV AIDS DAN PENYAKIT INFEKSI MENULAR SEKSUAL (PIMS) TRIWULAN I TAHUN 2021.”

Arini Nurillah. 2019. (EUCS), PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA AKHIR DENGAN MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFACTION REPUBLIKA, TERHADAP SISTEM ADMINISTRASI FUNDRAISING (SANDRA) PADA DOMPET DHUAFA Diajukan. Vol. 8.

Hamdani, Arib Zhafran. 2020. “Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs).” 152.

Harma, U. H. U., A. Abbas, and A. Aprillia. 2019. “Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Puskesmas Oleh Dinas Kesehatan Kota Batam.” Jurnal Dialektika Publik 3(2):2621–2218.

Kemenkes RI. 2020. “Infodatin HIV AIDS.” Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 1–8.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia. 2020. “HIV/AIDS Kenali Untuk Dihindari.” Konsulat Jenderal Republik Indonesia 1–2.

Kuntoro, Wahyu, and Wahyudi Istiono. 2017. “Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta.” Jurnal Kesehatan Vokasional 2(1):140. doi: 10.22146/jkesvo.30327.

Lufianti, Anita. 2020. “Http://Ejournal.Annurpurwodadi.Ac.Id/Index.Php/TSCNers 34.” HUBUNGAN ANTARA KEANDALAN DAN CEPAT TANGGAP PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG TERATAI RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK 5(1).

Maila. 2021. Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau Dari Mutu Pelayanan,Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas.

Mawaddah, Nur, Puteri Fannya, Laela Indawati, and Nanda Aula Rumana. 2022. “RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU UTARA PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2022.” TINJAUAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU UTARA PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2022 1(3):2–7.

Pertiwi, Aisah. 2017. “Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kota Surakarta.” Jurnal Manajemen Dayasaing 18(2):113–21. doi: 10.23917/dayasaing.v18i2.4508.

Riyanto, Agus. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Telemedicine (Systematic Review).” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI) 9(2):165–74.

Tanan, Lohafri, Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, and FKM Unhas. 2013. “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bara Permai Kota Palopo Analysis of Patient Satisfaction in Bara Permai Public Health Center Palopo City.” Jurnal AKK 2(3):15–21.

Tonasih, Tonasih, and Ucha Indra Gunawan. 2021. “Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Klinik Pratama.” Jurnal SMART Kebidanan 8(1):44. doi: 10.34310/sjkb.v8i1.427.

Wicaksono, Adhimas, and Budhi Setianto. 2022. “Layanan Telemedicine Rumah Sakit Islam Surabaya Sebagai Upaya Dalam Menurunkan Kasus Covid 19.” To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(2):292. doi: 10.35914/tomaega.v5i2.1081.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Fathul Baari, Puteri Fannya, Lily Widjaya, & Daniel Happy Putra. (2024). Kepuasan Pasien Terhadap Telemedicine Pada Pelayanan Klinik HIV Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara. OBAT: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 2(1), 130–138. https://doi.org/10.61132/obat.v2i1.166

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.